Translate

19 Jun 2020

Grow

Rambut part 4 - Rambut Putih

Apakah kamu tahu?
Jika rambut putih atau disebut dengan uban itu tumbuh pada usia dini yaitu pada usia 20-30an tahun, maka dapat dikatakan ada terjadi masalah pada gen.

Menurut beberapa penelitian, masalah pada gen ini dikarenakan paparan zat kimia pada rambut atau tubuh sehingga terjadi kelainan gen khususnya untuk mengkode sel melanin.

Sel melanin adalah sel yang memproduksi suatu warna pada tubuh kita. Sehingga bagi sebagian orang warna rambut tidak seluruhnya sama walau sepintas terlihat hitam, namun ada yang hitam pekat, atau hitam kecoklatan, ini karena perbedaan kadar melanin.

Masalah uban usia dini juga akibat stress, polusi disekitar kita, paparan asap rokok, gangguan tiroid atau autoimun dan lainnya. Jika terjadi uban usia dini segeralah lakukan pola hidup sehat NEWSTART (sudah pernah dijelaskan pada renungan sebelumnya atau bisa check di website kami: _www.growithim.org_ mengenai NEWSTART).

Bagaimana uban yang terjadi pada usianya? Peneliti mengatakan umumnya Uban tumbuh ketika umur 40-an. Uban umum terjadi pada usia tua karena pada usia tertentu itu sel melanin telah berhenti produksi, akhirnya muncul rambut putih atau uban.

Rambut putih pada usianya menandakan seseorang telah bertambah usia dan Alkitab mencatat, _"Rambut putih adalah mahkota yang indah, yang didapat pada jalan kebenaran."_ (Amsal 16:31)

Oleh karena itu, "Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat kepada orang yang tua dan engkau harus takut akan Allahmu; Akulah TUHAN." (Imamat 19:32)
Tuhan memiliki janji kepada orang yang sudah lanjut usianya atau rambut putih bahwa "sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu." (Yesaya 46:4)

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

No comments: