Translate

10 Mar 2018

Sejarah Pathfinder




      John H. Hancock adalah pembentuk dan tokoh Pathfinder sedunia, berasal dari California, Amerika Serikat. Dia ditamatkan Sarjana dari Pasific Union College. Memasuki pelayanannya di Konferens California utara tahun 1939, John H. Hancock menikah dengan Hellen Hancock. Mereka berdua bersama-sama melayani penginjilan hingga tahun1946, lalu John H. Hancock di panggil menjadi Direktur Pemuda di Konferens California Selatan. Pada Tahun itu juga ia membentuk klub Pathfinder di Riverside. Tahun 1947 John H. Hancock bergabung dengan para direktur-direktur pemuda di Uni Pasific untuk membentuk klub Pathfinder.

      John H. Hancock telah melayani menjadi direktur pemuda di dua daerah yaitu Uni Lake Conference tahun 1951 s/d 1954 dan Uni Pasific Utara tahun 1954 s/d 1963. Pada tahun 1963 John H. Hancock di panggil untuk memimpin departemen pemuda di General Conference untuk melayani Pathfinder Sedunia dan sebagai direktur Pemuda Advent Sedunia dari tahun 1970 s/d 1980. Pemuda dari seluruh dunia mengingat John H. Hancock tidak hanya melalui sejarah dan pelajaran- pelajaran yang memberi semangat mengenai Kristus sebagai pusat daripada pengharapan dan keteguhan.
    
     Namun dia juga sebagai seorang laki-laki pemain Harmonika (acccordion). Dia mempunyai kebiasaan memainkan harmonika didalam setiap perjalanan kemana saja. Tahun 1972 John H. Hancock mengadakan pelatihan atau seminar di Andrews University dan kemudian diadakan kembali di divisi-divisi lain. Pada tahun 1992 John H. Hancock Youth Centedi bentuk di La Sierra dan Andrews University. John dan Hellen telah menikah 52 tahun yang lalu dan di karuniai satu putri dan 9 cucu.

Lalu, apa itu pathfinder?

Klub remaja/ Pathfinder adalah program global yang diorganisasikan dan dipimpin  oleh Departemen Pemuda General Konferens Gereja Masehi Hari Ketujuh. Klub ini menawarkan jarak yang lebar dalam mempelajari pengalaman untuk anak remaja usia 10-15 tahun.

Ada 6 kelas, yang di beri nama, mulai dari usia 10-15 tahun. Masing-masing kelas diwakili oleh warna yang telah dipilih seperti daftar berikut:

  1. Sahabat / Friend - Biru

     

  2. Teman / Companion - Merah


  3. Penyelidik / Explorer - Hijau


  4. Perintis / Ranger - Putih


  5. Penjelajah / Voyager - Burgundy


  6. Pemimpin / Guide - Emas






    Definisi keenam kelas adalah sebagai berikut:

    1. Sahabat : suatu rangkaian pelajaran dalam belajar, keahlian, dan kebugaran fisik yang akan menolong seseorang untuk menjadi teman yang baik sekarang dan teman Allah melalui kekekalan.
    2. Teman suatu rangkaian pelajaran dalam belajar, keahlian, dan kebugaran fisik yang akan memberikan arti yang lebih untuk hidup dan persahabatan dengan Yesus Kristus setiap jam dalam setiap hari
    3. Penyelidik rangkaian pelajaran yang akan menolong seseorang untuk menemukan peristiwa baru dalam menyelidiki firman Tuhan dan hasil penciptaan-Nya.
    4. Perintis rangkaian pelajaran yang akan membuka daerah penemuan baru dalam alam dan dunia kerohanian untuk mempertahankan kebenaran.
    5. Penjelajah rangkaian pelajaran dalam fisik,mental,budaya dan pertumbuhan rohani yang menantang anak remaja untuk membangun seluruh konsep diri dan gaya hidup Kristiani.
    6. Pemimpin rangkaian pelajaran yang menitikberatkan pertumbuhan secara pribadi dan penemuan yang bersifat rohani dan mempersiapkan remaja untuk pengembangan keahlian baru dalam kepemimpinan dan teknik mempertahankan diri 

No comments: