Translate

26 Apr 2020

GROW

*Ketika Ia Dicobai part 1 – Ia dituntun oleh . . .*

Apakah kamu tahu?
Kisah Yesus dicobai yang menceritakan dengan lengkap terdapat di dua kitab Injil, yaitu kitab Matius dan Lukas, tetapi pendahuluan dari kisah ini dicatat di dalam tiga kitab Injil, yaitu kitab Matius, Markus, dan Lukas.

Mari kita baca pendahuluan dari tiga kitab ini:
_*“Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.”*_ (Matius 4:1)
_*“Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun.”*_ (Markus 1:12)
“Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu *_dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.”_* (Lukas 4:1)

Ada sesuatu yang menarik yang bisa kita dapat dari pendahuluan yang dituliskan oleh Matius, Markus, dan Lukas, yaitu mereka semua sama-sama menyatakan bahwa *Yesus dicobai di padang gurun dibawa atau dituntun atau dipimpin oleh* siapa? Oleh *Roh Kudus.*

Ayat ini menarik sekali karena *“ketika Yesus dibawa ke padang belantara untuk digoda, Ia dibawa oleh Roh Allah. _Ia tidak mengundang penggodaan.”_* (DA 114.2)

Garisbawahi *“dibawa oleh Roh Allah”* dan *“Ia tidak mengundang penggodaan”* karena ini yang harus kita pahami bahwa kita harus mau dituntun oleh Roh Allah dan *jangan sampai kita mengundang penggodaan dalam hidup kita.*

Seringkali kita mendapat penggodaan bukan karena Roh menuntun kita, tetap karena kedagingan kita sendiri yang menuntun kita pada penggodaan. Oleh karena itu, ingatlah untuk *selalu meminta tuntunan Roh Kudus dan jangan menggunakan kedagingan kita. Berdoalah sungguh-sungguh kepada Tuhan agar Roh-Nya senantiasa menuntun kita.* Amin.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

No comments: