Translate

19 Jan 2020

ⓇⒺⓃⓊⓃⒼⒶⓃ 💖ⓅⒶⒼⒾ 2⃣0⃣2⃣0⃣ 🅿🆄🅻🅰🅽🅶 🅺🅴 🆁🆄🅼🅰🅷


🌖 J A N U A R I 🌔
BUKU DI ATAS SEGALA BUKU

Tanggal 19, Hari Minggu
TANGAN TUHAN DI DALAM SEJARAH

📖 Ayat Inti: Daniel 2 : 21
"Dia memecat raja dan mengangkat raja."

👫🏡
Alkitab adalah sejarah paling kuno dan paling bisa dimengerti oleh manusia. Itu muncul segar dari mata air kebenaran kekal dan sepanjang jaman tangan Ilahi melestarikan kemurnisnnya. Sejarah itu menerangi masa silam yang jauh dimana jangkauan manusia tidak bisa menerobosnya.

💫 Hanya dalam Firman Allah kita melihat Kuasa yang meletakkan dasar bumi dan yang membentangkan langit.
💫 Hanya disini kita kita memperoleh catatan otentik mengenai asal mula bangsa-bangsa.
💫 Hanya disini diberikan sejarah tentang suku bangsa kita yang tidak ternoda oleh keangkuhan atau prasangka manusia.

👉🏿Dalam riwayat sejarah manusia, pertumbuhan bangsa-bangsa, kemunculan dan kejatuhan kerajaan tampaknya bergantung atas kehendak dan kehebatan manusia. Tampaknya peristiwa-peristiwa yang terjadi banyak ditentukan oleh kekuasaannya, ambisi, atau tingkah lakunya.
👉Tetapi dalam Firman Allah, tirai disingkapkan. Lalu kita melihat kebelakang, keatas dan sepanjang seluruh permainan dan kontra permainan kepentingan-kepentingan manusia dan kuasa serta nafsu, perwakilan oknum yang Maha Murah itu secara diam-diam dan sabar menyampaikan nasihat atas kehendak-Nya Sendiri.

Alkitab mengungkapkan filsafat sejarah yang sejati. Dalam kata-kata yang keindahan dan kelembutannya tak ada bandingnya yang diucapkan oleh rasul Paulus kepada kaum arif di Athena, dipaparkan maksud Allah dalam penciptaan dan pembagian bangsa dan negara. IA telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi. Dan IA telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka, supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia. (Kisah 17 : 26, 27)

Allah memaklumkan bahwa barangsiapa mau boleh datang kekandang. (Yehezkiel 20 : 37) Adalah maksud-Nya dalam penciptaan, supaya bumi didiami oleh mahkluk yang keberadaannya menjadi berkat kepada dirinya sendiri dan kepada satu sama lain serta menjadi kehormatan kepada Khalik mereka. Semua orang yang mau dapat menyesuaikan dirinya dengan maksud ini. Tentang mereka itu dikatakan, "umat yang telah Ku bentuk bagi-Ku akan memberitakan kemahsyuran-Ku." (Yesaya 43 :21)

✅ Allah menyatakan dalam hukum-Nya prinsip-prinsip yang menjadi dasar seluruh kemakmuran sejati baik untuk bangsa-bangsa maupun untuk perorangan. Mengapa bangsa yang besar ini adalah umat yang bijaksana dan berakal budi? Kata Musa kepada Israel tentang hukum Allah. Sebab perkataan ini bukanlah perkataan hamba bagimu, tetapi itulah hidupmu. (Ulangan 4 : 6 & Ulangan 32 : 47) Jadi berkat-berkat yang dipastikan kepada Israel, mempunyai sifat-sifat dan derajat yang sama kepada setiap bangsa-bangsa dan perorangan. --Seri Membina Keluarga jilid 3, hal 159, 160.


Pendalaman 📝
WA:  08111-62662-9


𝕋𝕌ℍ𝔸ℕ 𝕄𝔼𝕄𝔹𝔼ℝ𝕂𝔸𝕋𝕀🙏🏻

No comments: