Translate

14 Jan 2020

Pelajaran Sekolah Sabat: Buku Daniel

πŸ“– Pelajaran ✝ Alkitab πŸ“–

πŸ“œ D A N I E L πŸ”‘

Oleh: Elias Brazil de Souza , PhD.

Pelajaran ke-3 :
Dari Misteri Kepada Pengungkapan
πŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”Έ
Selasa, 14 Jan. 2020

Patung, Bagian Pertama

Daniel 2: 24-30. Apakah yang Daniel katakan di sini yang begitu penting bagi kita untuk selalu diingat? (Lihat juga Yoh. 15: 5).

Sebagai tanggapan atas doa Daniel, Allah mengungkapkan isi mimpi dan interpretasinya. Dan Daniel tidak ragu untuk mengatakan kepada raja bahwa solusi untuk misteri tersebut berasal dari “Allah di surga.” Juga, sebelum melaporkan isi dari mimpi dan interpretasinya, Daniel menyampaikan tentang pemikiran dan keprihatinan raja yang tidak terungkap pada saat raja berbaring di tempat tidurnya. Informasi mendalam ini lebih jauh menekankan kredibilitas pesan tersebut, karena informasi semacam itu yang hanya diketahui oleh raja pastilah datang kepada Daniel melalui kekuatan supraalami. Tetapi ketika Daniel melaporkan isi mimpi itu, ia berisiko memicu krisis lain, karena mimpi itu belum tentu kabar baik bagi Nebukadnezar.

Baca Daniel 2: 31-49. Apakah yang dikatakan mimpi itu mengenai nasib kerajaan Nebukadnezar?

Mimpi itu terdiri dari patung yang megah dengan kepala “dari emas tua, dada dan lengannya dari perak, perut dan pinggangnya dari tembaga, sedang pahanya dari besi dengan kakinya sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat” (Dan. 2: 32, 33). Akhirnya, sebuah batu “menimpa patung itu, tepat pada kakinya” (Dan. 2: 34), dan seluruh patung itu dihancurkan dan berserakan seperti sekam di atas angin. Daniel menjelaskan bahwa logam yang berbeda mewakili kerajaan yang berurutan yang akan menggantikan satu sama lain sepanjang perjalanan sejarah. Bagi Nebukadnezar, pesannya jelas: Babel, dengan segala kekuatan dan kemuliaannya, akan berlalu dan digantikan oleh kerajaan lain, yang akan diikuti oleh yang lain sampai sebuah kerajaan dengan sifat yang sangat berbeda akan menggantikan mereka semua: kerajaan kekal Allah, yang akan bertahan selamanya.

Lihatlah betapa singkat dan sementara semua hal dalam kehidupan manusia. Apakah yang seharusnya fakta ini ajarkan kepada kita tentang harapan besar yang kita miliki di dalam Yesus, dan hanya di dalam Yesus saja (lihat Yoh. 6: 54; 2 Kor. 4: 18)?

πŸ•ŽπŸ”✝

Pendalaman πŸ“–

Paul H. Edson : +62 813-7062-0545

Tuhan yang memberkati  πŸ™

No comments: